Jumat, 11 Maret 2011

Pakaian Muncul 170 Ribu Tahun Lalu

Foto: stayfitbug.com
- FLORIDA -- Pertama kali manusia mengenal pakaian diperkirakan sekitar 170 ribu tahun silam. Setelah itu mereka berani melakukan perjalanan ke daerah dingin. Demikian sebuah studi menyimpulkan setelah mempelajari evolusi kutu.


Dr David Reed, mammalogist dari University of Florida, Amerika Serikat, sengaja mempelajari sejenis kutu rambut pada manusia modern untuk lebih memahami evolusi manusia dan pola migrasi.

Penelitiannya menunjukkan bahwa manusia modern mulai mengenakan pakaian sekitar 70 ribu tahun lalu sebelum berpindah ke wilayah dengan suhu lebih dingin. Itu terjadi sekitar 100 ribu tahun lalu.

Untuk menghitung dengan tepat jangka waktu tersebut sangat tidak mungkin dengan menggunakan data arkeologi. Sebab, tak ada bagian pakaian buatan manusia pertama yang masih tersisa saat ini.

Untuk itu, penelitian selama 5 tahun yang dilakukan Reed menggunakan rangkaian DNA kutu. Maksudnya untuk menghitung kapan pertama kali kutu pakaian mulai berubah secara genetis dari kutu rambut manusia.

"Kutu mampu beradaptasi dengan baik di pakaian. Kita tahu bahwa kutu kepala atau kutu pakaian hampir tidak ada sebelum pakaian itu melekat di tubuh manusia," tutur Reed.

Studi itu juga menyimpulkan bahwa manusia mulai menggunakan pakaian setelah rambut lebat yang ada di tubuh mulai rontok. Menurut penelitian genetis warna kulit, hal itu terjadi sekitar 1 juta tahun lalu.

Reed mengatakan cukup lama manusia tak memiliki pelindung tubuh sejak rambut di badan menghilang dan pakaian mulai dikenakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar