Selasa, 26 April 2011

Dunia Alien Terlihat Di Luar Bima Sakti



Info Unik dan Menarik - Dunia Alien untuk pertama kalinya telah ditemukan di luar galaksi kita sendiri, menurut para astronom. 

Para ilmuwan sekarang secara teratur menemukan bekas palanet dalam Bima Sakti dan sebanyak 403 telah dikatalogkan sejak tahun 1995. Yang terjauh jaraknya berada sekitar 20.000 tahun cahaya. 


Tapi Erin Mentuch dari Universitas Toronto, Kanada, membuat penemuannya jauh lebih mendalam pada ruang angkasa. 
Ms. Mentuch menganalisis 88 galaksi terpencil dengan menggunakan data dari Survei Deep Deep Gemini. Cahaya tersebut dipancarkan dari galaksi tersebut ketika Alam Semesta berusia antara sepertiga dan setengah dari usianya yang sekarang - sekitar 7 sampai 10 miliar tahun lalu. 
Galaksi tersebut sangat jauh sehingga terlalu jauh untuk melihat bintang secara individu, namun cahaya yang dikeluarkannya ditemukan pada puncak dua panjang gelombang yang berbeda. Panjang gelombang yang pendek adalah gabungan cahaya bintang galaksi, sementara panjang gelombang yang panjang berasal dari pijaran debu antar bintang. 
Namun, mahasiswa PHD ini mencatat ada komponen ketiga yang samar antara puncak tersebut. Cahaya misterius ini terlalu dingin untuk dapat dihasilkan oleh bintang-bintang tapi terlalu hangat menjadi debu. 
Ms. Mentuch menyimpulkan bahwa kemungkinan besar itu disebabkan oleh cakram circumstellar - pusaran awan debu dan gas yang membentuk sistem tata surya muda di sekitar bayi bintang. 
"Hasil ini adalah hasil paling mengejutkan yang pernah saya kerjakan," ujar Roberto Abraham, supervisor Ms. Mentuch PHD yang bekerja sama dalam proyek ini. 
Penemuan ini dapat menunjukkan bagaimana tingkat pembentukan planet telah berubah selama miliaran tahun. (Daily Mail/sri) 
Sumber : http://www.erabaru.net/featured-news/48-hot-update/6631-dunia-alien-terlihat-di-luar-bima-sakti-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar