Kamis, 21 April 2011

Perpustakaan dan Buku Terkecil seDunia


150x179 Buku_mini.gif
Mungkin kunjungan orang ke perpustakaan semakin lama semakin berkurang seiring dengan kemajuan internet yang semakin murah. Orang sudah dimanjakan dengan hal-hal yang berbau internet. Mau butuh informasi apa saja tinggal googling.

Seorang kolektor buku asal Hungaria bernama Jozsef Tari mengklaim dirinya memiliki perpustakaan terkecil sedunia dengan koleksi 
150x138 Buku_mini_01.gif
buku-buku mini yang dikumpulkannya sejak tahun 1972 (odditycentral.com).

Saat ini Jozsef sudah memiliki lebih dari 4.500 karya sastra yang sebagian besar berbahasa Hungaria, termasuk buku terkecil di dunia yang berukuran 2,9 x 3,2 mm yang paling dibanggakannya, dan beberapa buku mini produksi Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, Australia, Jepang dan buku mini dari Indonesia.

"Saya tertarik mengumpulkan buku yang bertemakan apa saja; agama, olahraga, sastra hingga seni memasak, selama ditulis dalam bentuk buku yang ukurannya tidak lebih dari 76 mm," Jozsef menjelaskan tentang koleksi buku mininya.










Terlepas dari koleksi 4.500 buku mini, dia juga memiliki 15 jenis surat kabar miniatur, termasuk yang terkecil di dunia dengan ukuran hanya 19 x 26 mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar