Minggu, 26 Juni 2011

Rumah dari Limbah Plastik

500x416 2_rumah_1.jpg


Rumah baru ini dibangun dari 18 ton plastik daur ulang. Suatu alternatif untuk memecahkan masalah pengelolaan sampah. Harga lengkap dengan kamar mandi, dapur dan pemipaan, adalah £ 42.000 tidak termasuk lahannya.

Sebuah perusahaan perintis membangun rumah tiga kamar tidur dengan kerangka seluruhnya terbuat dari limbah plastik daur ulang – termasuk ribuan botol air. Setiap rumah terdiri dari 18 ton sampah plastik daur ulang. Ternyata plastik daur ulang ini hampir empat kali lebih kuat dari beton dan dua kali lebih mampu melindungi dari cuaca dingin, sehingga memungkinkan pemilik rumah untuk memotong tagihan pemanas setengahnya. Tahan kebakaran, badai, angin dan air.

Perusahaan lain, Affresol di Swansea, memanfaatkan sampah plastik daur ulang dengan cara lain. Bahan ini digunakan untuk membangun fixture dan asesori lainnya. Empat puluh panel Thermo Poli Rock (TPR) dirakit  membentuk kerangka yang menahan beban rumah. Rangka itu kemudian dilapisi dengan bata, blok atau batu, dengan interior terisolasi dan diplester seperti rumah lainnya.
500x374 2_rumah_2.jpg

Affresol managing director, Ian McPherson, percaya hal ini dapat menjawab masalah instansi perumahan negara dan masalah daur ulang sekaligus. Ide ini muncul tiga tahun lalu bekerja sama dengan ahli manufaktur Scott Phillips dan Universitas Cardiff dan Glamorgan. McPherson, 60, berkata: "Bahan-bahan yang dipergunakan lebih kuat dan lebih ringan dari beton. Mereka tahan air, tahan api, tidak membusuk dan memiliki isolasi thermal yang besar".

"Kami memperkirakan ketahanan rumah ini lebih dari 60 tahun dan setelah itu rumahpun dapat didaur ulang. Kami percaya bahwa ada potensi yang sangat besar untuk produk baru ini terutama dengan semakin fokusnya dunia pada pengurangan karbon di atmosfir. Pada saat ini sekitar 50 sampai 60 persen bahannya berasal dari plastik daur ulang".

500x278 2_rumah_3.jpg

"Kami melayani pembelian perseorangan atau developer yang membutuhkan dalam partai besar. Ini adalah jenis baru rumah prefabrikasi yang membantu memperbaiki lingkungan juga."

"Selama ini kita terlalu banyak membuang sampah ke TPA dan hal ini berlangsung terus-menerus walaupun ada beberapa cara untuk memecahkan masalah sampah. Tentunya untuk membangun sesuatu yang baru dari sampah adalah suatu hal yang menarik".

Target mereka dalam waktu tiga tahun adalah untuk membangun 3.000 rumah – terutama untuk pasar perumahan sosial – yang setiap tahun akan menggunakan 40.000 ton limbah. Akan ada berbagai rumah dengan biaya konstruksi semi-terpisah berharga sekitar £ 40.000 sampai
£ 50.000 – dan hanya memakan waktu empat hari untuk mendirikan kerangka rumah. Affresol mengklaim rumah yang ramah lingkungan ini bisa merevolusi industri bangunan.

500x281 Rumah-plastik-6.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar