Rabu, 28 September 2011

Makanan yg mengandung Kafein


200x158 03kafein.jpg

Banyak orang menggunakan kafein sebagai penopang energi, namun jika asupan yang berubah bisa membuat kecanduan serta menyebabkan efek samping (pengaruh kafein)seperti dehidrasi, gangguan tidur, kecemasan, sakit perut dan masalah selama kehamilan.

Demi beberapa tips kesehatan, mungkin Anda sudah mengurangi asupan kafein dengan menghindari kopi, teh ataupun soda. Namun jangan tenang dulu, tetap ada kafein yang diselipkan pada produk-produk tertentu yang tidak menyertakan kafein dalam labelnya. Karena itu, kita seringkali sulit untuk mengetahui produk yang mengandung stimulant. Lengkapnya, berikut beberapa jenis makanan yang mengandung kafein tersembunyi.



Manfaat KAFEIN 
  • Membantu Berpikir Lebih Cepat
  • Mencegah Gigi Berlubang
  • Mengurangi Derita Sakit Kepala
  • Melegakan Napas Penderita Asma
  • Membuat Badan Tidak Cepat Lelah
  • Meningkatkan Rasa Riang

Bahaya KAFEIN 

Kafein merupakan senyawa alkaloid, utamanya terdapat dalam teh, kopi, dan biji kola. Selain terkandung dalam bahan alami, kafein juga bisa dibuat secara semi sintetis. 

Kandungan kafein pada secangkir kopi sekitar 80-125 mg. Sedangkan satu kaleng soft drink cola mengandung sekitar 23-37 mg, teh mengandung sekitar 40 mg, dan satu ons coklat mengandung sekitar 20 mg kafein.

Meski aman dikonsumsi, kafein dapat menimbulkan reaksi yang tidak dikehendaki, seperti insomnia, gelisah, pernapasan meningkat, tremor otot/ gerakan gemetar yang berirama dan tidak terkendali, diuretik (sering kencing), warna gigi yang berubah menjadi coklat atau gelap, bau mulut, meningkatkan stress, serangan jantung, kemandulan pada pria, gangguan pencernaan, kecanduan, dan bahkan penuaan dini.

Orang yang biasa minum kopi akan menderita sakit kepala di pagi hari atau setelah 12 jam sejak mengonsumsi kopi.

Pada orang-orang tertentu, gejala itu memang tak selalu terjadi. Ada orang yang tahan minum bergelas-gelas kopi. Sementara ada pula yang tak tahan dengan kafein, meski minum segelas saja. Sensitivitas terhadap kafein ini dipengaruhi oleh:

  1. Massa tubuhOrang dengan massa tubuh rendah akan segera merasakan efek kafein dibanding orang bermassa tubuh lebih tinggi.
     
  2. Riwayat penggunaan kafeinOrang yang jarang mengonsumsi kafein lebih rentan kena efek negatifnya dibandingkan mereka yang rutin.
     
  3. StresStres psikologis dapat meningkatkan sensitivitas seseorang terhadap kafein.
     
  4. Faktor lainTermasuk usia, kebiasaan merokok, penggunaan hormon atau obat-obatan tertentu, dan masalah kesehatan lain seperti serangan kecemasan.

Penelitian menunjukkan, orang yang terbiasa minum kopi lebih dari 5 cangkir sehari berisiko mengalami gangguan jantung. Selain gangguan jantung, para peneliti AS memastikan bahwa mereka memiliki bukti kuat yang menunjukkan bahwa kafein berbahaya bagi kehamilan.
Para ibu hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak setiap harinya pada bulan-bulan awal kehamilan beresiko mengalami keguguran yang lebih tinggi.

Para ibu yang mengkonsumsi 200 mg kafein atau lebih per hari memiliki resiko keguguran 2x lebih besar dibandingkan dengan mereka yang sama sekali menghindarinya.
Untuk kepentingan penelitian, dikatakan 200 mg kafein setara dengan 2 cangkir kopi. Sebuah studi oleh McGill Universitas Montreal menunjukkan hubungan antara konsumsi kafein dan keguguran.
Para calon ibu harus menjauhi kafein setidaknya dalam 3 atau 4 bulan pertama kehamilannya, saran De Kun Li ahli epidemiologi dan difisi riset dari Oakland California.

Banyak peneliti mengatakan minum kafein dosis tinggi dapat menyebabkan berat bayi lahir lebih rendah. Sebuah studi diYugoslavia, membandingkan berat bayi baru lahir antara ibu yang mengonsumsi 71-140 mg kafein dengan ibu yang mengkonsumsi kafein 0-10 mg. Ibu yang mengonsumsi 71-140 mg melahirkan bayi dengan berat seperempat lebih kecil ketimbang bayi yang dilahirkan ibu yang lain.

SUMBER 

Baca juga =
EFEK KAFEIN PADA ANAK-ANAK 



MAKANAN YANG MENGANDUNG KAFEIN 

Decaffeination coffee 
363x400 Coffee-decaf.jpg

Adalah kopi yang sudah dihilangkan unsur kafeinnya. Beberapa jenis kopi seperti ini tersedia di Starbucks dan Dunkin Donuts. Tapi jangan berbahagia dulu, pada tahun 2007 diadakan sebuah penelitian dengan menguji 36 cangkir kopi dariu 6 stand kopi dengan jenis decaffeination coffe. Ternyata masih ditemukan kafein dalam kopi ini walaupun perbandingannya cukup jauh dengan kopi biasa (100 miligram pada satu cangkir kopi biasa dan 20 miligram pada cangkir kopi deccaffeinantion).



Cola non Soda 

385x336 Anything.jpg

Minuman cola atau minuman bersoda lainnya terkenal mengandung kafein. Beberapa merk root bear mengandung kafein, dengan kandungan yang rata-rata berkisar antara 12 miligram hingga 41 miligram per saji.



Coklat 

370x241 Coklat.jpg

Kafein ditemukan secara alami pada biji coklat. Candy bar umumnya memiliki kurang dari 10 miligram, tetapi coklat gelap atau dark coklat memiliki kadar yang lebih tinggi.



Es krim 

415x315 Myicecream1.jpg 

Kita pasti mengharapkan rasa yang lebih enak dengan sentuhan cokelat ataupun kopi dalam es krim. Padahal beberapa merek es krim rasa kopi terkenal mengandung antara 30 dan 40 miligram kafein per setengah cangkirnya, hampir sama dengan sekaleng Coke. Es krim coklat mengandung lebih sedikit kafein tergantung merknya, biasanya berkisar antara 3 miligram.



Pil penurunan berat badan 

400x375 Wl.jpg

Kafein memang tidak mempunyai peranan penting dalam mengecilkan ukuran pinggang, namun pil penurun berat badan memiliki kelebihan stimulant kafein dalam komposisinya. Kandungan stimulant ini belum diketahui tujuannya apa..



Penghilang rasa sakit 

468x297 Obat-nyeri.jpg 

Kafein dapat sedikit mengurangi rasa sakit kepala, tetapi malah bisa menjadi penyebab jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Penelitian menunjukan bahwa beberapa pil penghilang rasa sakit mengandung kafein untuk membantu penurunan rasa sakit, namun Anda disarankan agar tidak mengkonsumsinya berlebihan karena malah bisa menambah rasa sakit..



Air berenergi / energy drink 

600x450 10083003ml7qb.jpg 

Beberapa merk energy drink terkenal dari Amerika Serikat menyertakan kafein dalam produksinya. Sebut saja Fruit2O Energy yang memiliki komposisi kafein sama seperti secangkir kopi. Beberapa energy drink lainnya dibumbui dengan Guarana, tanaman Brasil yang merupakan sumber alami kafein.



Penyegar nafas 

493x335 Permen+karet+mint.jpg 

Penyegar nafas ini termasuk pada permen mint ataupun permen karet. Dua potong permen karet mengandung kafein dengan komposisi hampir sama dengan kafein dalam secangkir kopi, beberapa merk malah mempunyai kafein yang sama dengan kopi pada sebuah permen karet.



Oatmeal instant 

450x309 Oatmeal1.jpg 

Bukannya menambahkan buah ataupun kacang sebagai makanan sehat, beberapa merk oatmel instant malah menambahkan kafein ke dalam kemasannya. Komposisinya bahkan bisa melebihi kafein dalam secangkir kopi. Jadi jika Anda minum kopi dan makan oatmeal untuk sarapan pagi, itu berarti Anda minum kafein sebanyak dua cangkir kopi karena kandungannya sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar