Selasa, 07 Februari 2012

Produk inovatif dari Jagung


Polylactic Acid (PLA) 

300x300 23502.jpg



Kalkulator dari plastik jagung 

500x500 Eco-friendly Corn Plastic
                          Calculator-500x500.jpg 



Cakram Blue Ray dari plastik jagung 

400x299 Plastic-4.jpg



Nama lain dari produk tersebut adalah plastik jagung. Polymer organik yang dibuat dari pati jagung. Memiliki sifat yang sama dengan plastik yang berbahan dasar minyak bumi sehingga dapat dibuat menjadi berbagai macam barang dari kalkulator, tekstil, hingga gelas sekali buang, namun memiliki kemampuan terdegradasi dengan baik sehingga tidak mengotori lingkungan.




Susu jagung 

277x347 Pfncocn$910142223.jpg

Bukan susu sebenarnya, namun sebenarnya adalah perasan dari jagung manis yang diberi pemanis dan perasa.



Pipa jagung 
450x320 Corncobpipe.jpg 

Pipa cangklong yang terbuat dari tongkol (Jawa: janggel) jagung adalah warisan budaya merokok para imigran pertama di Amerika Serikat terutama di wilayah pertanian di pusat Amerika Serikat. Di sebuah kota kecil di Missouri saja tercatat dalam setahun penduduknya menghabiskan 15 juta pipa setahunnya.



Bahan bakar jagung 

584x318 Corn-fuel-004.jpg 

Di Swedia telah dipasarkan bioethanol yang terbuat dari proses fermentasi jagung untuk digunakan sebagai bahan bakar mobil.



Pakan sapi dari limbah jagung 

512x384 Gropakan.jpg 

Pakan yang diberi nama GroPakan ini adalah buatan Klaster Jagung kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Terbuat dari bahan yang sebagian besar berasal dari limbah jagung, mulai dari tongkol jagung hingga debu jagung yang berasal dari mesin pengering jagung. Secara empiris dengan penambahan prebiotik dan probiotik lokal terbukti dapat meningkatkan produksi susu dan daging.



Corn maze 

235x223
                            The-maize-overhead-view-2-thumb.jpg

Di Amerika Serikat banyak ladang jagung yang sengaja di bentuk menjadi maze, jalan yang berliku yang dapat menyesatkan pengunjung untuk tempat hiburan. Salah satunya maze yang indah di dekat Washington DC di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar