Kamis, 03 Mei 2012

15 Tips Khusus Agar Tidur Anda Nyenyak


15 Tips Khusus Agar Tidur Anda Nyenyak

1.    Bagi sebagian orang tidur merupakan suatu perkara yang mudah , mereka dapat tidur dimanapun dengan lelap. Tapi bagi segelintir orang tidur tidaklah semudah itu. mereka bahkan berusaha dengan berbagai cara agar dapat tidur dengan nyenyak mulai dari minum obat pelelap sampai mencoba tidur lebih awal. 


       
        Untuk bisa membantu anda agar dapat tidur lebih lelap berikut adalah beberapa tips yang mungkin perlu anda lakukan :

1. Mandi Air Hangat

"Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tidur," ungkap Paul Martin, penulis buku baru Counting Sleep.
 

2. Tetap pada waktu tidur yang sama.
 

Para ahli tidur yakin pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur adalah penting bagi tidur sehat.
 

3. Minum susu hangat sebelum tidur.
 

Minum susu hangat dapat mendorong kantuk karena susu mengandung unsur pendorong kantuk.
 

4.
 Jangan berangkat tidur saat marah
Kalau berangkat tidur masih marah, percayalah, di tempat tidur Anda akan memikirkan argumentasi dan strategi melakukan serangan balik. Terlalu sering orang menjadikan tempat tidur sebagai arena menyelesaikan masalah. Padahal, tempat tidur mestinya dijadikan tempat untuk merasakan kedamaian dan ketenangan.

5. Membeli tempat tidur baru.

Jika tempat tidur Anda lebih dari 10 tahun, pertimbangkan untuk menggantinya. Struktur tempat tidur akan memburuk sampai 70 persen yang menyebabkan gangguan tidur dan kemungkinan merusak tulang belakang.
 

6. Hubungan seks.
 

Jika Anda stres, khawatir, atau hanya tidak bisa tidur, lakukan hubungan seks. Ada bukti ilmiah yang kuat, orgasme mendorong mengeluarkan endorphins, suatu kimia yang dikeluarkan otak yang bertindak sebagai painkiller efektif.
 

7. Cobalah membaca novel.
 

Atau bacaan lain yang Anda senangi. namun jangan membaca buku-buku bermateri rumit. Anda akan terus memikirkannya.
 

8. Menulis tugas-tugas besok hari.
 

Dibading Anda menghabiskan malam hari mengkhwatirkan tugas besok hari, sebaiknya menulis daftar tugas dalam pikiran, sehingga otak mampu untuk istirahat di malam hari. Ini mencegah otak aktif dan menghentikan kekhwatiran sepanjang malam.
 

9. Hindari makan sebelum tidur.
 

Makan di larut malam dapat merangsang pencernaan, membuat Anda terjaga sepanjang malam. Menutut Paul Martin pencernaan dapat meningkatkan temperatur tubuh dan membuat tubuh dan otak bekerja.
 

10. Tidur di ruangan gelap dan tenang.
 

Untuk menjamin tidur malam yang panjang dan tidak terganggu, cobalah tidur di tempat gelap atau dengan lampu yang tidak terlalu terang karena hormon tidur akan dikeluarkan otak selama berjam-jam di kegelapan sekalipun Anda tengah terjaga


11. jika anda terbangun di tengah malam, jangan hidupkan lampu, atau mencari tahu jam berapa saat itu. Ke dua hal ini dapat merangsang otak bekerja dan keluar dari kondisi tidur. Berbaringlah di ranjang dan tunggulah hingga anda kembali jatuh tertidur. Jika anda tidak kembali tertidur, bangunlah, dan pergi keruangan lain membacalah di bawah lampu yang agak temaram hingga anda kembali mengantuk.


12. Cukup sinar matahari 

Cukup sinar matahari dibutuhkan sepanjang hari untuk mengatur siklus tidur. Jika anda memiliki penyimpangan dalam hal mengenali hari ( istilah tidur kalong atau kelelawar), anda mungkin membutuhkan kotak lampu untuk menambahkan cahaya sepanjang hari.


13
Setelah makan malam, ambil kegiatan seperti berjalan-jalan atau melakukan sejumlah olahraga, namun ingatlah untuk menyelesaikan semua ini paling tidak 3 jam sebelum jam tidur anda. Sebaiknya olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur dapat menjadi perangsang buruknya tidur. Olahraga yang lebih cepat dapat menolong anda menjadi relaks.


14. Jangan terobsesi tentang mimpi.

Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.

15. Jangan paksakan diri untuk tidur
 
Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. “Saya harus tidur, saya harus tidur,” kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit

Selamat Mencoba Tipsnya.....................................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar